Jumat, 04 November 2011

Komputer Dalam Islam

Komputer Dalam Islam PDF Cetak E-mail
Kamis, 24 Desember 2009 18:41
Mari kita simak pertanyaan-pertanyaan berikut ini:
Komputer Dalam Islam 1.. Apa itu manusia?
2.. Apa itu roh?
3.. Apa itu Islam?
4.. Apa itu Al-Quran & Al-Hadits?
5.. Apa itu Syahadat?
6.. Kenapa harus shalat 5 waktu?
7.. Apa itu zakat?
8.. Kenapa harus puasa?
9. Apa itu zikir?
10. Kenapa harus sholat Jum'at?
Jawabannya adalah:

MANUSIA adalah "hardware" (perangkat keras). Seperti juga jenis-jenis "hardware" di dunia komputer yang merupakan kombinasi dari beberapa komponen ("mainboard, processor, memori, harddrive" dll), manusia juga bisa dibedakan berdasar kualitasnya. Ada yang keluarga Intel Pentium, AMD dll. Jadi bisa kita analogikan bahwa yang jadi "processor" kita adalah gabungan dari hati dan otak. "Hard drive" kita adalah bagian lainnya dari otak, sensor-sensor kita ada 5 (beberapa varian ada yang punya 6 sensor), dst. Pada dasarnya, tubuh kita adalah sebuah super komputer yang punya kecepatan proses sangat tinggi.

ROH adalah daya (listrik) untuk mengoperasikan "hardware". Mirip dengan listrik, roh juga tidak bisa kita lihat, tapi bisa kita rasakan. Roh ini yang bertanggung jawab atas hidup-matinya "hardware". Kita hidup dan bekerja karena adanya roh. Roh ini mengalir di seluruh jaringan tubuh. Sekali stop kontak(Roh) anda dicabut, maka anda mati, karena tidak ada roh di dalam system anda.

ISLAM adalah "Operating System" (O/S). Seperti di dunia komputer, ada beberapa O/S yang bisa diinstall di sebuah sistem "hardware" (Islam, Kristen, Hindu, Buddha, dll). Kita pasang O/S Islam. Kita analogikan sebagai MS Windows XP saja . Ok, kita sekarang  sudah punya Hardware + Daya Listrik, maka diinstall-lah O/S ini. O/S ini kemudian bertugas untuk mengatur semua sumber-daya yang ada di hardware kita dan memberi "driver" yang paling pas untuk setiap alat-alat di sistem kita. Sesuai perkembangan hardware, maka O/S ini pun juga perlu di-"upgrade". Kemudian juga perlu dipasang aplikasi-aplikasi non-standar lainnya: misalnya aplikasi sekolah, aplikasi keuangan, aplikasi seni, dsb.

Kadang-kadang aplikasi yang kita pasang tidak selamanya baik, ada juga yang bersifat perusak dan membuat beberapa file di O/S menjadi "corrupted" (rusak), misalnya aplikasi porno, aplikasi judi, aplikasi penipuan, aplikasi perusakan, aplikasi korupsi, dsb. Nah, pada prinsipnya, walaupun pada hardware yang sudah dipasang O/S Islam ini ternyata banyak juga aplikasi-aplikasi buruk yang tidak hanya merusak O/S, tetapi dapat merusak O/S yang ada di hardware-hardware lainnya di "network" (jaringan) kita. Yang parah adalah jika ternyata ada virus yang masuk ke O/S kita, lebih-lebih yang bersifat "Trojan" (program yang diam-diam secara terus-menerus merusak file-file yang ada) di O/S kita sambil "melaporkan diri" ke server pembuatnya (baca:setan) tentang status kerusakan yang sudah dibuat.

Beda dengan O/S yang memang dibuat dalam bentuk "baku", virus-virus ini terus-menerus dikembangkan di fasilitas "Research & Development" super canggih yang dimiliki oleh setan, yang dari ke hari selalu berusaha mencari metode baru untuk menginfeksi O/S kita. Sebenarnya sejak O/S kita diinstal, di dalamnya sudah termasuk aplikasi anti-virus, tapi untuk membuat anti-virus ini selalu "updated", kita harus secara berkala mengunduh "virus definition file" yang baru. Gimana caranya? Nanti akan kita bahas di bawah.

AL-QUR'AN & AL-HADITS adalah O/S "Manual Book & Refference articles". Selain "online help", yang jadi satu dengan O/S (dalam bentuk nurani), tersedia juga Manual Book (Al-Quran) & refference articles (Al-Hadits) yang bisa kita jadikan sebagai panduan untuk menggunakan O/S yang terpasang. Manual Book ini terdiri atas bab-bab yang bisa kita lihat sesuai kebutuhan, misalnya saat kita ingin mengetahui bagaimana "source code" untuk menjalankan aplikasi Al-Fatihah. Ada juga pelengkap manual book yang diberi nama TAFSIR. Disitu biasanya tertuang penafsiran-penafsiran atas bab-bab atau source code aplikasi tertentu. Jangan salah, O/S kita akan tetap jalan sekalipun tanpa kita membuka manual book atau refference articles.

SYAHADAT adalah kombinasi dari "username + password". Sebelum menjalankann O/S, kita harus "Login" terlebih dahulu! Untuk login kita membutuhkan username + password. Pada dasarnya, semuanya dimulai dari sini, dimana anda benar-benar mengotentikasi diri anda sebagai pengguna dari sistim.

SHALAT 5 WAKTU. Baiklah, disini hal yang paling penting. Apa yang membuat kita merasa tenang saat memakai sebuah O/S? Tentunya, jawabannya adalah "customer service!" Kenapa "Windows" masih tetap jadi O/S pilihan karena customer servicenya terbaik. "Windows Update" adalah aplikasi yang sekali kita aktifkan, maka dia akan memeriksa "system + O/S kita dan membandingkan dengan yang ada di "server". Jika apa yang kita punya outdated, maka secara otomatis aplikasi ini mendownload & menginstall" di sistem kita. Shalat 5 waktu adalah sarana kita "melaporkan" diri kita ke "Super Server". Jadi pada dasarnya kita wajib "dial-up" sebanyak 5 kali sehari, masing-masing sesuai protokol yang sudah ditentukann (ada yang 2 rakaat, 3 rakaat & 4 rakaat). Disamping itu ada juga proses dial-up yang boleh kita lakukan diluar ke 5 waktu wajib dial itu. Apa yang kita dapat dari kegiatan "dial-up" & laporan diri ini? RASA AMAN, karena kita tahu bahwa system kita selalu terupdate, kita selalu dapat driver-driver terbaru dst.

Waktu "dial-up" ini juga bisa kita manfaatkan untuk melaporkan terjadinya "anomali" atau masalah-masalah yang kita alami ke "Super Server", yang akan selalu membuat kita merasa tenang, karena kita tahu bahwa segala yang kita rasa "bermasalah" sudah kita laporkan. Dari sinilah maka kemudian akan timbul suatu keyakinan ("FAITH") bahwa O/S kita berjalan dengan semestinya. Demi suksesnya proses "dial-up" ini, tidak bisa kita lakukan sembarangan. Ada protokolnya! Antara lain memeriksa kebersihan semua "soket-soket" yang ada di "peripheral" kita (ini mengacu pada Wudhu), Mengirim "dial-up username + password" yang tepat (mengacu pada niat), dan pada waktu yang telah ditentukan (dengan kata lain tidak akan di tolak). Ini makanya Shalat 5 waktu disebut sebagai TIANG AGAMA. Karena dengan rutin melakukan "DIAL-UP", keyakinan kita ("FAITH") atas O/S (ISLAM) yang kita pakai semakin kuat.

ZAKAT. Berapa banyak jumlah file yang ada di sistem kita? Berapa banyak yang sebenarnya tidak terpakai? Berapa banyak yang sebenarnya merupakan bagian dari aplikasi yang terinstall di sistem milik orang lain? Bagaimana cara kita mengatur file-file? Bagaimana struktur fisik dari seluruh file? OK. Zakat adalah "System Clean Up". Istilah ini adalah "self-explainatory". Anda memerlukan ini untuk membersihkan sistem anda dari "redundant files".

PUASA. OK jadi anda tahu berapa banyak sistim anda terisi dengan "bunch of files and applications" untuk 11 bulan. Pada bulan yang khusus ini (ramadhan), anda perlu untuk melakukan "file filtering". Di sini kita  benar-benar membatasi &  memeriksa dulu file-file apa saja yang mau kita input ke system. Ketika melakukannya, sekalian kita punya waktu untuk menganalisa aplikasi-aplikasi mana saja yang sebenarnya tidak diperlukan, dan kita bisa lebih mudah mendeteksi virus-virus dan trojan karena servernya (setan) lagi "down" pada bulan ini, so akan lebih mudah untuk kita mendeteksi dan menyingkirkan virus dan trojan tersebut. Jika kita berhasil menjalankan proses ini, pada akhir bulan O/S anda akan "reborn", lebih bersih dari sebelumnya.

ZIKIR adalah "Ping", Ping adalah sebuah program yang mengirimkan sejumlah paket data melalui jaringan atau internet ke sebuah komputer tertentu untuk mendapatkan respon dari komputer tersebut. Komputer lainnya memberikan respon jawaban bahwa ia telah menerima paket tersebut. Ping dibuat untuk memastikan apakah suatu komputer tertentu dalam suatu jaringan atau internet itu ada dan terhubung. Semakin anda menggunakan "ping" akan semakin mendapatkan respon. Dengan kata lain ini untuk mejaga sistim anda tersambung kepada "Super Server" (Allah Swt).

Shalat jum'at. Di atas disebutkan tentang bagaimana caranya mengunduh "virus definition file" yang baru. Nah, ini salah satu caranya. Kita dengar ceramah Jum'at, berarti kita sedang mengunduh "virus definition file". File ini kita perlukan untuk membuat "bundled" anti-virus yang lebih efektif untuk menangkal virus dan segala jenis trojan. Selain itu, dengan melakukan "dial-up" secara kolektif, kita diberi "bandwith" (Pahala) 40x lebih besar daripada kalau kita "dial-up" sendiri-sendiri. Asyik kan?

0 komentar:

Poskan Komentar